^ke PKU lagi …

Standar

Kemaren dulu … Senin (30-1-2012) sampai Sabtu (4-2-2012), kembali saya ‘tugas ke Pekanbaru dalam rangka mengelenggarakan ‘hajat dan niat… kali ini dengan menompang pesawat Lion Air … yang belakangan ketahuan oleh pihak yang berwajib … ‘sang pilotnya ada yang mengkonsumsi narkoba.

Alamak … apa para pengguna jasa transportasi penerbangan masih berani naik pesawat terbang Lion Air nanti..? Entah iya entah tidak entahlah …😦

Dan kenapa judulnya … ^ke PKU lagi … (baca, ^ke Pekanbaru lagi ... PKU kode penerbangan untuk kota Pekanbaru). Dan apa yang mau diceritakan tentang perjalanan ke kota Pekanbaru kali ini? Kota yang terletak  di daerah yang kaya akan minyak … sampai-sampai dijuluki kota yang diatas ada minyak dibawah ada minyak.

Maksudnya ... didaerah ini banyak terdapat tambang minyak bumi yang cukup besar seperti yang ada di negeri Timur Tengah yang kaya akan tambang minyak buminya … itu yang disebut dibawah mibawah minyak.

Sedangkan diatas minyak … maksudnya tanah di daerah ini subur …. terutama bagi tanaman pohon sawit … yang tumbuh diatas tanah dan dapat menghasilkan minyak sawit.  🙂

Dalam tempo … 1 jam 20 menit pesawat Lion Air yang kami naiki mendarat dengan mulus di bandara Sultan Syarif Kasim … nama pelabuhan udara kota Pekanbaru … dahulu bernama lapangan udara Simpang Tiga … kayaknya berasal dari jalan arah kesitu simpangnya tiga.

Disebelah bandara ini terdapat pangkalan udara milik AURI … apakah masih bernama Pangkalan TNI AURI Simpang Tiga … atau sudah berganti nama … saya belum memperoleh informasi yang pasti.

Pada malam ke 2 … saya diajak kerabat  dekat menikmati udara malam di kota bertuah ini … Pekanbaru juga terkenal dengan nama Kota Bertuah … mungkin karena tanah Melayu Riau pernah didiami oleh Hang Tuah … Datuk Laksamana pahlawan Negeri Melayu yang populer tempo dulu.

Sang kerabat … mengajak saya dan anggota kerabat lainnya berburu kuliner pavourit kota ini … kuliner durian plus ketan. Semula saya ragu-ragu karena bisik-bisik antara mereka bahwa tempat yang akan kita tuju banyak duren-nya. Haahh … disana banyak duren? Duda keren? Ah, jangan-jangan tempat hiburan yang banyak perempuan malamnya.

Tekape … berupa kedai-kedai yang terletak tidak jauh dari bandara,  kuliner duren plus ketan merupakan salah satu ciri khas kota ini. Durian adalah buah2an musiman tetapi sepanjang pengamatan, pedagang ini ‘dapat menjual durian sepanjang tahun.

Para pedagang duren membentuk asosiasi/perkumpulan

Jadi ingat kata-kata bijak yang mengupamakan “jangan tiru buah kedondong, tapi contohlah buah durian … Orang di daerah Riau ini banyak yang tahu arti dan makna kata-kataitu.

Karena anak negeri disini ahli dan jago berpantun.  Ya … jangan sampai kayak kedondong … luarnya masyaAllah … hatinya, na udzubillah min zalik … bagusan jadi durian, meski luarnya galak, tapi hatinya baiiikkk banget …

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buah yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai *duri.

Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (king of Fruit) dan durian adalah buah yang kontroversial. Meskipun banyak yang menyukainya, sebagian orang lain muak dengan aromanya.

Pemilik warung duren sibuk memotong-motong ‘ketan yang disajikan dalam bentuk lemang, yaitu ketan yang dimasak dalam tabung bambu.

Inilah isi duren yang memang menggiurkan lezatnya. Meja penuh dengan bekas kulit duren dan botol serta gelas minuman aqua. Malam itu … kembali saya kenyang makan durian plus lemang (ketan dalam bambu) yang nikmat rasanya.

Itulah sobat bloger’s … waktu saya berkunjung ke kota Pekanbaru kemaren dulu itu … masih saja di suguhi durian plus ketan … kuliner duren plus lemang … suguhan khas kota Pekanbaru (Riau). Walau telah berulang kali menikmati kuliner itu … namun tetap saja lidah bergoyang dibuatnya … abis yummiii.😀

Begitu juga dengan anda … kalau sempat berkunjung ke kota Pekanbaru ini … pasti disuguhi kuliner duren plus ketan … kalau tidak dapat tawaran itu dari tuan rumah … anda bisa menanyakannya … pasti diajak menuju tekape diatas … karena musim durian kota ini sepanjang tahun … tak ada putus-putusnya. 😛

^0o0^

Jakarta, 9 Februari 2012

(yukk kita ikutan GA  made in ~Sitti Rasuna ) … 😆

^0o0^

Photobucket^0o0^

8 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s